Home / Finalis / TUAI

TUAI

kelompok-tani-tuaiKelompok TUAI adalah kelompok perempuan yang berada di Kampung Oransbari, Distrik Oransbari, Kabupaten Manowari, Papua Barat. Dibentuk pada tanggal 21 September 2010 oleh suatu proyek dari pemerintah untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Memilik modal usaha dari hibah program PNPM Pertanian

Usaha kelompoknya adalah pengolahan minyak kelapa yang menggunakan bahan baku lokal baik kelapa, bahan bakar dari kayu yang mudah didapat di sekitar. Minyak yang dihasilkan dijamin sehat karena tidak menggunakan zat pewarna. Selain manfaat ekonomi yang dirasakan anggotanya, juga manfaat sosial seperti bertambahnya pengalaman berorganisasi dan bertambahnya ketrampilan.

Kelompok TUAI mempunyai jadwal kerja mingguan dan jadwal pertemuan bulanan. Sudah mempunyai rencana anggaran secara tertulis. Pengurus kelompoknya adalah orang asli setempat bernama Monika Woof dan Laurina Sayori. Kelompok ini juga di dukung oleh kepala kampung yang bernama Apolos Sayori.

Pelatihan yang telah diterima oleh kelompok ini salah satunya adalah pelatihan teknis membatik, membordir, teknis pertanian. Sedangkan yang non teknis seperti manajemen usaha, pemasaran, pengemasan dan pelabelan. Sering di undang dalam acara-acara di dusun, desa, kecamatan bahkan tingkat kabupaten.

Kelompok TUAI juga telah menularkan ketrampilannya ke kelompok lain dalam satu desa, mereka diminta menjadi narasumber untuk kampung lain. Ada kelompok yang datang untuk belajar dan sebagai motivasi untuk kelompok lain.

Pengolahan minyak kelapa kelompok ini lebih berhasil dibanding kelompok lain, di mana sudah memiliki pembukuan secara rapi dan mempunyai buku tabungan (rekening kelompok). Hasil olahan minyak kelapa ini telah dimanfaatkan oleh semua anggota kelompok dan juga masyarakat sekitar telah mengikuti jejak kelompok ini. (ea)

Check Also

REKA AGNI MAHARANI

Reka Agni Maharani (perempuan, 29 thn) lulusan Universitas Indonesia (UI), bersama sang suami Samsul Asinar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *