Home / Tentang Trubus Kusala

Tentang Trubus Kusala

cropped-trubus-kusala.jpg

KUSALA

mengambil istilah yang dikenalkan pakar bahasa Anton M Moeliono (Kompas 19 Maret 2010), dalam bahasa Sanskerta dan Jawa Kuno berarti “Hadiah”. Dalam Kontek ini Kusala dimaknai sebagai “PENGHARGAAN” yang diberikan untuk pencapaian istimewa dibidang tertentu.

Saat ini, sudah banyak perhargaan diberbagai bidang, namum tampaknya masih diperlukan penghargaan dibidang kewirausahaan yang bergengsi ditingkat Nasional, guna mendorong gerakan kewirausahaan sosial.

TRUBUS KUSALA SWADAYA

Sebagai lembaga yang berkomitmen dalam mendorong semangat pemberdayaan masyarakat, Bina Swadaya menyelenggarakan penghargaan Kusala Swadaya yang pertama kali digelar pada tahun 2007. Kusala Swadaya merupakan suatu penghargaan, yang diberikan kepada individu, kelompok, organisasi atau institusi yang melakukan inisiatif terkait upaya peningkatan keberdayaan masyarakat di berbagai isu yang berkembang setiap tahunnya. Penghargaan ini merupakan wujud komitmen Bina Swadaya untuk mengangkat dan menyebarluaskan semangat pemberdayaan masyarakat kepada semua kalangan dan pihak di berbagai wilayah di Indonesia.

Trubus adalah salah satu unit Yayasan Bina Swadaya, yang selama ini dikenal sebagai pusat informasi pertanian. Kini, Trubus telah menjadi unggulan dalam produk agribisnis bagi masyarakat yang begitu melekat dalam setiap perjalanan Bina Swadaya, untuk turut membangun peningkatan keberdayaan masyarakat.

Sebagai agenda rutin dua-tahunan, penyelenggaraan Kusala Swadaya 2017 akan menjadi momen istimewa, karena bertepatan dengan ulang tahun Bina Swadaya ke-50. Tema yang diangkat adalah “Yang Muda Yang Berkarya” guna mendorong semangat para muda menyebarluaskan inisiatif dan kreativitasnya dalam upaya pemberdayaan yang dilakukan di lingkungannya.

Bina Swadaya telah memilih 8 kategori meliputi; lingkungan, kewirausahaan, kesehatan, pendidikan, pertanian, energi terbarukan, teknologi tepat guna, dan teknologi informasi. Ketujuh kategori ini diharapkan dapat merepresentasikan semangat pemberdayaan yang berkembang saat ini di berbagai pelosok Indonesia.

Lihat selengkapnya di http://bit.ly/2hxof6e