Home / Tentang Kusala Swadaya

Tentang Kusala Swadaya

Apa itu KUSALA Swadaya?

Kusala Swadaya merupakan suatu penghargaan, yang diberikan kepada orang-orang yang telah berinisiatif dan kreatif melakukan upaya-upaya peningkatan keberdayaan masyarakat, baik melalui aktivitas di bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, sosial-ekonomi maupun teknologi tepat-guna dengan pendekatan entrepreneurship (kewirausahaan)..

KUSALA

mengambil istilah dari bahasa Sansekerta yang dikenalkan oleh pakar bahasa Prof. Anton M. Moeliono (2007) yang berarti penghargaan. Pemakaian kata KUSALA dalam bahasa kita dapat meningkatkan ketajaman daya ungkap kita, karena dapat membedakan KUSALA dari “hadiah”.  KUSALA lalu kita beri makna “Penghargaan” yang diberikan untuk pencapaian istimewa di bidang tertentu

KUSALA Swadaya pertama kali

diselenggarakan oleh Bina Swadaya tahun 2007. Sejak awal Bina Swadaya mengajak berbagai pihak, baik individu maupun lembaga yang memiliki visi misi, “Meningkatkan keberdayaan masyarakat dengan solusi entrepreneurship (kewirausahaan)” untuk bekerjasama dalam program KUSALA Swadaya

KUSALA Swadaya 2011,

diberikan kepada : Pelaku Wirausaha Sosial, Pendamping, Kelompok Wirausaha Sosial dan Media Massa. Semoga penghargaan ini mendorong mereka untuk tetap teguh berkarya dan mengabdi, serta menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih peduli dalam upaya-upaya mengatasi kemiskinan dan keterbelakangan dengan spirit kewirausahaan sosial.

KUSALA Swadaya 2013,

Bina Swadaya bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan menggelar Penganugerahan KUSALA SWADAYA. KUSALA SWADAYA merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada para pelaku usaha, motivator, kelompok, para penulis, dan media sebagai  apresiasi atas perjuangannya yang tanpa kenal lelah untuk memberdayakan masyarakat melalui semangat kewirausahaan sosial (social entrepreneurship).  Penganugerahan KUSALA SWADAYA 2013 adalah ajang ke-3 yang diselenggarakan oleh BINA SWADAYA,  sebuah Lembaga Kewirausahaan Sosial (Social entrepreneurship institution), yang telah bergerak di bidang keberdayaan dan pemberdayaan masyarakat sejak tahun 1967. Tema pokok penganugerahan kali ini adalah “Kreativitas Nilai Sosial dalam Bisnis dan Perdagangan”.

KUSALA Swadaya 2015,  bertansformasi menjadi TRUBUS KUSALA SWADAYA

Panitia Kusala Swadaya kumpul bersama untuk menyamakan persepsi tentang Trubus Kusala Swadaya, hasil pertemuan Pengurus Bina Swadaya bersama tim Arswendo. Kusala Swadaya telah membuktikan bahwa penghargaan pemberdayaan sangat penting bagi para pelaku pemberdayaan masyarakat. Ada beberapa poin yang menjadi refleksi tim Arswendo. Kusala Swadaya perlu disegarkan dengan lebih menjangkau kaum muda. Usaha menjangkau kaum muda ini perlu menggunakan sosial media dan kontes agar lebih aktif dan terus berpromosi di dunia maya.  Selain menjangkau anak muda, penggunaan kata TRUBUS menjadi nama baru bagi Kusala Swadaya. Dari segi promosi, diharapkan TRUBUS bisa mendongkrak promosi di media nasional.

Menggunakan kata Trubus, secara tidak langsung akan berdampak pada Gugus Kegiatan Majalah Trubus dan Toko Trubus. Dampak yang dimaksud adalah karyawan diharapkan bisa menjelaskan kepada konsumen jika bertanya tentang penghargaan tersebut.

Trubus Kusala Swadaya tahun 2015 menyasar konsep tentang, “penyadaran terhadap inovasi usaha terkait ekonomi kreatif, lingkungan dan energi”. Rangkaian kegiatan Trubus Kusala Swadaya tahun diawali dengan lomba jingle bagi kaum muda. Selain itu ada beberapa kegiatan yang masih direncanakan seperti lomba young entrepreneur di sekolah dan kampus di bidang limbah. Pameran hasil inovasi produk juga direncanakan meriahkan rangkaian acara Trubus Kusala Swadaya tahun ini.

Kunjungi webnya di www.trubuskusala.com