Home / Berbagi Cerita / Profil Juri Trubus Kusala Swadaya 2017

Profil Juri Trubus Kusala Swadaya 2017

Rhenald Kasali (Pakar Manajemen, Guru Besar FEUI)

Rhenald Khasali adalah seorang akademisi dan praktisi bisnis yang lahir di Jakarta pada 13 Agustus 1960. Ia termasuk salah satu ahli bedah bisnis yang piawai di negeri ini, setidaknya dalam bidang iklan dan pemasaran.

Sebagai guru besar, pria bergelar Ph. D. dari University of Illinois ini terbilang produktif dalam menghasilkan tulisan. Buku-buku yang ditulisnya laris manis dan selalu menjadi incaran kalangan pebisnis dan dikoleksi oleh banyak mahasiswa. Beberapa buku yang telah dihasilkannya antara lain berjudul Sembilan Fenomena Bisnis, Sukses Melakukan Presentasi, Change!, Recode Your Change DNA, serta masih banyak lagi.

Selain dikenal luas sebagai akademisi dan praktisi bisnis, ia juga menjadi pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Ketua Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi di universitas yang sama. Pada 4 Juli 2009, predikatnya bertambah setelah resmi dilantik sebagai guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi UI.

Rhenald juga menjadi dosen terbang di Program Magister Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Universitas Tanjung Pura, Universitas Udayana, dan Universitas Lampung.

Rhenald juga telah berhasil mengkoleksi sederet penghargaan dari kerja kerasnya sebagai akademisi, penulis, dosen, maupun praktisi bisnis. Penghargaan tersebut antara lain Satya Lencana Karya, Penghargaan “Kreativitas”, Dosen Terbaik FEUI 2003, dan lain sebagainya. (Sumber: tokohindonesia.com)

 

Ninuk Mardiana Pambudy (Wartawan Senior harian Kompas)

Ninuk Mardiana Pambudy dilahirkan pada 29 April 1960. Wartawan senior harian Kompas ini menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Agronomi, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (1983) dan meraih gelar master dari Program Kajian Wanita, Program Pascasarjana, Universitas Indonesia (2003) dengan judicium cum laude.

Wakil Pemimpin Redaksi HarianKompas (sejak Juni 2012) ini pernah menjadi Editor Desk Investigasi Kompas (2010 -2012); Wakil Editor Desk Non-Berita (Kompas Minggu) dengan liputan, antara lain, gaya hidup (2000-2010); Pjs Editor Iptek Kompas (1988- 1991); Editor DeskKompas Minggu (1991- 1998); editor suplemen Swara seputar isu gender (1999-2000).

Anggota tim panitia seleksi anggota pengganti Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (2011) dan anggota tim panitia seleksi anggota Komnas Perempuan (2007) ini pernah, bersama Maria Hartingsih, mewawancarai Joseph Stiglitz dan Muhammad Yunus, dua orang pemenang Nobel Ekonomi, saat mereka berada di Indonesia (2007).

Selain itu, anggota Kelompok Kerja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Nasional (sejak 2004); Board of Advisors Respect Program, World Learning (International Development Program-USAID (2008); dan anggota Board Jakarta Fashion Week (2009, 2010) ini juga pernah mewawancarai beberapa perancang/pebisnis mode internasional, antara lain, Karl Lagerfeld, Santo Versace, Oscar de la Renta, dan Anita Roddick. Di samping menulis tentang industri mode Indonesia untuk Young Fashion Entrepreneur Competition British Council (2010), peraih penghargaan Xelibri Fashion Award (2003); penulis mode tahun 2001 dari Yayasan Bina Buku (Anugerah Penghargaan Wartawati Mode 2001); Fashion Icon 2010 bidang penulisan mode dari Jakarta Food and Fashion Festival (2001)

Pernah tampil sebagai pembicara pada forum diskusi Asia Tropic Style, Fashion Connections Singapore(Singapura, 1998); Campaign for Real Beauty (2007); dan pembicara pada diskusi batik Yayasan Batik Indonesia (2009) Sumber: http://www.prismajurnal.com

 

Sri Palupi (Peneliti Institute For Ecosoc Right)

Lahir di  Madiun, 29 Januari 1965, saat ini menjabat sebagai Direktur Institute for Ecosoc Rights sejak tahun 2003, yang berkedudukan di Tebet Timur Dalam VI-C No. 17, Jakarta Selatan.

Pendidikan yang tempuhnya antara lain Sarjana Pertanian, bidang studi Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan, Jurusan SOSEK, Institute Pertanian Bogor.

Pernah mendapat penghargaan Winner of Scientific Writing Competition for Indonesian Student (1987), dan pada tahun 2005 mendapat penghargaan dari Universitas Atmajaya sebagai Pejuang Kemanusiaan

Selain penelitian-penelitian  tentang tenaga kerja  Indonesia, juga melakukan penelitian-penelitian tentang perhutanan sosial,  perdagangan perempuan dan anak , kebijakan pemerintah tentang perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, tentang hak azazi manusia, problem-problem kemiskinan , pekerja rumah tangga, juga tentang dampak sosial ekonomi pemulung di Jakarta. Potensi masyarakat miskin,  anak jalanan, krisis ekonomi dan pola bertahan komunitas masyarakat miskin, kajian tentang peran perempuan dalam ekonomi masyarakat,  dan program perhutanan sosial.

Disamping giat dalam penelitian, juga aktif dalam penulisan artikel tentang kota, buruh migran dan kemiskinan di media nasional.

Juga banyak diminta untuk dijadikan narasumber untuk pelatihan dengan toipik HAM, buruh migrant, kemiskinan, menganalisa anggaran berbasis hak, sosial budaya dan ekonomi masyarakat miskin.

Publikasi yang pernah dilakukan:

  1. “Menelusuri Jejak, Menyingkap Fakta: Panduan Investigasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia”
  2. “Sistem Transit untuk Pemulangan TKI di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok: Mengkaji Masalah dan Menimbang Alternatif Solusinya”
  3. “Tubuh-Alat Dalam Kebungkaman Ruang Privat: Problem Pekerja Rumahtangga (PRT) Indonesia di Singapura”
  4. “Melawan Tragedi Hilangnya Anak-Anak: Studi Perkara Busung Lapar di NTT”
  5. “Mendengarkan Kota: Studi Perbandingan Jakarta – Bangkok”
  6. ”Menangani Perbudakan Modern dari Desa: Rancang Bangun Peraturan Daerah Berperspektif Perlindungan”
  7. ”Atase Tenaga Kerja dan Problem Perlindungan Buruh Migran: Antara Indonesia, Singapura, dan Malaysia”

 

Paulus Wirutomo (Guru Besar FISIP Universitas Indonesia)

Prof Dr Paulus Wirutomo sosiolog dan guru besar FISIP Universitas Indonesia. Ketua Program Kekhususan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia. Pria kelahiran Solo, 29 Mei 1949, ini menamatkan sarjana sosiologi dari Universitas Indonesia, 1976. Meraih S2 bidang Perencanaan Sosial dari University College of Swansea Wales, Inggris, 1978 dan S3 bidang Sosiologi Pendidikan dari State University of New York at Albany, USA, 1986.

Hasil-hasil karya ilmiah yang telah di pubilkasin adalah Paulus Wirutomo (2005), “Pengembangan Nilai Strategis”, Lokakarya Sekjen Depdagri, Paulus Wirutomo (2005), “Pendidikan Anak Remaja” Seminar Labschool, Paulus Wirutomo (2004), “Kebijakan Perlindungan Sosial Korban Kekerasan” Seminar Depsos, Paulus Wirutomo (2004), “konstruksi Jaringan Pranata Sosial untuk Penguatan Ketahanan Sosial” Seminar di Wantanas, Paulus Wirutomo (2004), “Sekolah : mampukah membebaskan manusia”, di terbitkan di kompas, Paulus Wirutomo (2004), “Menyoal Paradigma Baru Pembangunan Kesos”, Seminar di Departemen Kesejahteraan Sosial., Paulus Wirutomo (2004) “Manajemen Konflik dalam rangka enjaga kesatuan NKRI” Seminar di Dirjen Kesbang.

Keanggotaan Profesional : Sekjen Ikatan Sosiologi Indonesia 1989 – 1992  dan Indonesia Learning Organization Society (ILGOS) 2000 – sekarang

Kegiatan Sosial : Ketua Progam Pasca Sarjana Manajement Pembangunan Sosial Universitas Indonesia, Ketua Yayasan Sanggar Prathivi dan Pengurus Inti Bidang Sosial. Konperensi Waligereja Indonesia. Dari tahun 2013, Paulus Wirutomo menjabat sebagai Ketua Pengurus Yayasan Bina Swadaya sampai dengan sekarang.

 

 

Check Also

REKA AGNI MAHARANI

Reka Agni Maharani (perempuan, 29 thn) lulusan Universitas Indonesia (UI), bersama sang suami Samsul Asinar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *