Home / Berbagi Cerita / Muhammad Aminuddin Ghufron Ali Musmar

Muhammad Aminuddin Ghufron Ali Musmar

Muhammad Aminuddin Ghufron Ali Musmar memberdayakan masyarakat desanya melalui budidaya lele. Lahir di Bojonegoro 22 tahun yang lalu, Ghufron merupakan putra pertama dari tiga bersaudara. Pemuda yang beralamat di Desa Cengkir, Kec. Kepohbaru, Kab Bojonegoro, Jawa Timur ini masih duduk di semester 8 Fakultas Perikanan Unair. Banyak anak putus sekolah dan menganggur di desanya memotivasi dirinya untuk membantu warga desa.

Ghufron memahami budidaya lele, maka komoditas itulah yang dipilih Ghufron untuk membangun desanya. Apalagi kebutuhan lele di Bojonegoro yang besarnya 3-4 ton/hari masih dipasok dari Tulungagung. Ghufron membuat 3 kolam lele di halaman rumahnya sebagai contoh. Hasilnya yang bagus membuat warga tertarik dan ikut memelihara lele. Caranya mudah dan tidak menyita waktu menjadi salah satu pertimbangan warga. Guna menekan biaya, Gufron mengajarkan kepada warga budidaya lele di kolam terpal menggunakan rangka bambu yang banyak tersedia di Desa Cengkir. Kini ada 30 warga yang membudidayakan lele. Dengan harga jual eceran Rp. 22.000 sampai Rp. 27.000/kg dan borongan Rp. 15.000/kg, masyarakat memperoleh tambahan pendapatan Rp. 2 juta sampai Rp. 6 juta/dua bulan.

Pemasaaran hasil tidak menjadi kendala. Gufron menjembatani dengan mendatangkan pembeli dan juga membeli  dari warga dengan harga lebih tinggi daripada tengkulak. Begitu juga dengan benih. Ghufron menyediakan benih dan meminjamkan benih yang dibayar saat panen. Guna mengatasi kendala kelangkaan bibit lele yang pernah dialami Ghufron mendirikan CV Mina Sejahtera yang bergerak dalam bidang pembibitan lele.  Ia membangun 20 kolam untuk pembibitan dan pembesaran dengan omzet penjualan mencapai Rp. 20 juta/bulan dengan keuntungan 40% atau Rp. 8 juta/bulan. Kesinambungan program pengembangan lele di Desa Cengkir relatif dapat berjalan tanpa tergantung pada Ghufron karena ayah Ghufron dapat menggantikan perannya menjelaskan pada masyarakat atau pengunjung tata cara budidaya lele.

Check Also

REKA AGNI MAHARANI

Reka Agni Maharani (perempuan, 29 thn) lulusan Universitas Indonesia (UI), bersama sang suami Samsul Asinar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *