Home / Berbagi Cerita / HYSTERIA

HYSTERIA

HYSTERIA merupakan komunitas yang peduli pada isu perkotaan, anak muda, dan komunitas. Hysteria menekankan produksi artistik berdasar hasil riset pengetahuan keseharian di masyarakat. Visinya menumbuhkan ekosistem kebudayaan yang baik. Untuk itu, selain kerja artistik, Hysteria juga berperan sebagai laboratorium komunitas yang mempunyai kecenderungan kerja lintas disiplin, kesegaran gagasan, maupun praktik-praktik kecil yang laten dan intensif.

Tak hanya selalu dalam ketegangan negosiasi seni dan non seni, lebih jauh Hysteria menegaskan kerja-kerja berkesenian merupakan bagian dari intervensi sosial untuk mendinamisir peradaban yang lebih baik. Hysteria aktif sejak 11 September 2004 dan sekarang merintis hubungan jejaring seniman maupun pegiat perkotaan skala nasional maupun internasional

Komunitas Hysteria menyewa rumah yang difungsikan sebagai ruang seni dan diskursus. Ruang ini adalah kelanjutan proyek seni ‘Grobak Art’ yang merupakan angkringan atau tempat jualan nasi kucing. Ruang kebudayaan Grobak Art memfasilitasi berbagai kegiatan, baik yang diinisiasi personal maupun komunal.

Bermacam kegiatan diselenggarakan di sini seperti pemutaran film, forum kajian, gigs, pameran, performance art, dan lain-lain. Ruang ini dikelola secara mandiri dan terbuka bagi ekplorasi hal-hal yang sifatnya eksperimentatif, terutama untuk pemuda dan pemula.

Sebagai komitmen terhadap isu kota, Hysteria bersama Rujak Center for Urban Studies dan lembaga partner membidani lahirnya ‘Unidentified Group Discussion’ yang pada akhirnya bertransformasi menjadi platform ‘Peka Kota’.Peka Kota bergerak di isu kota, mendorong partisipasi masyarakat, dan menantang berbagai lintas disiplin ilmu untuk melakukan pendekatan terhadap persoalan-persoalan kota.

Hingga saat ini tercatat berbagai lembaga yang pernah bekerjasama dengan Hysteria, diantaranya Hivos, Rumah Lebah, Rujak Center for Urban Studies, Ushahidi, Ford Foundation, Yayasan Kelola, Kontras, Goethe Institute, Japan Foundation, British Council.

 

Pengelola :

Solidarity Maker : Adin

Manajer Program/Sekretaris : Purna Cipta Nugraha

Manajer Ruang : Oktavia Bagus Prakoso

Artlab : Bandung Ibnu Majid, Arief Hadinata, Gambut, Humam,

Hanit, Tri Wahyulianto

Pemagang Departemen Riset : Zsazsa Wulan, Pradipta, Fahreza,

Sony Wibisono, Dwijaya, Risti Ambarwati, Fitri

 

Kantor :

Jl. Stonen Nomor 29, Bendanngisor, Gajahmungkur, Semarang, 50233

Email : hysteriakita59@gmail.com    |   Twitter : @grobakhysteria

Facebook: Kolektif Hysteria               |   Instagram: Kolektif Hysteria

Telp : +62 24 8316860                         |   www.grobakhysteria.or.id

Check Also

BUNGA DAHLIA

Kelompok Bunga Dahlia adalah kelompok petani perempuan permakultur yang berada di Dusun Tangkeban, Desa Merembu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *