Home / Finalis / Drg. Madya Putri Andang Wahyuni

Drg. Madya Putri Andang Wahyuni

Dengan background dokter gigi, ibu satu ini memberanikan diri untuk terjun ke dunia crafting setelah mengalami beberapa kegagalan dalam usaha. Pada dua tahun terakhir ini dia sudah fokus dengan crafting menggunakan goni, sebelumnya dengan perca dan bahan-bahan lain. Dengan terfokusnya kegiatan yang dibantu dengan kedua anak-anaknya dan para pekerja-pekerjanya, crafter ini menjadi juara di DKI Jakarta.

Dokter ini masih bisa dibilang masih junior bila dibandingkan dengan para crafter lainnya, usahanya masih berumur hampir 3 tahun. Dan termasuk orang baru di Jakarta, baru berusia 6 tahun dalam dunia usaha tapi sudah membawa keberuntungan bagi Jakarta. Berasal dari Surabaya sebagai dokter gigi, kemudian pindah ke Jakarta Selatan. Memulai usahanya dari nol kecil hingga seperti sekarang.

Kegiatan ini bermula dari anaknya, yang bersekolah di SLB dengan keterbatasan. Dan dia berpikir kemana akhirnya anak-anak ini, apa masa depannya? Kalo kita tidak berpikiran seperti ibu tersebut, mungkin anak-anak itu terpaksa di rumahkan dan pasti kekurangan pengetahuan. Membimbing anak-anak tersebut, dokter gigi ini memberikan tenaga dan knowledge super ekstra. Dia mengasuh 5 orang anak lulusan SLB dengan keterbatasan, tapi itu tidak memberikan halangan. Dan juga meninggalkan profesi demi membantu anak-anak ini. Dengan pengakuan dari ibu Madya, dia merasa kalah dengan anak asuhnya. Anak asuhnya lebih peka dengan craft dan menjadi seni yang begitu berharga dari barang-barang yang sudah terbuang.

Apa yang sudah kamu buat dengan barang bekas, sampah dan membuatnya berharga lagi? Apalah arti karung goni buat kita, hanya menjadi sampah semata yang kosong artinya tak berharga. Dengan bermodalkan 5 juta rupiah, dia merubah sampah tersebut menjadi berharga. Tas jinjing wanita, tutup gallon air, taplak meja dan banyak lagi dan semua itu dari kain goni. Kerajinan tangan yang sangat ramah lingkungan.

Pada tahun 2012, dia memenangkan lomba Wirausaha Kreatif Indonesia 2012 dengan latihan dari pameran-pameran kerajinan tangan. Dan terus memenangi di tahun berikutnya, tahun 2013. Dan menjadi wakil Jakarta untuk kewirausahaan. Sudah saatnya kita menjadi bagian tersebut. Ayo! (MMS)

Check Also

REKA AGNI MAHARANI

Reka Agni Maharani (perempuan, 29 thn) lulusan Universitas Indonesia (UI), bersama sang suami Samsul Asinar …