Home / Berbagi Cerita / Bali Tertarik Batik Warna Alami Bayat

Bali Tertarik Batik Warna Alami Bayat

Kelompok warga dari Dusun Multi Gunung,  Desa Tianyar Barat , Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali belajar membatik warna alami di Jarum, Bayat, Klaten, Rabu (12/10/2016).  Warga Bali tersebut tertaik mengembangkan usaha batik warna alami, sepertia yang dilakukan warga di Jarum, Bayat.

Ari mengatakan, kelompoknya memilih belajar membatik di rumah Sarwidi, di jarum, Bayta, karean batik yang dibuat Sarwidi unik. Yakni memiliki corak-corak khas dan khusunya menggunakan pewarna bahan-bahan alami. Mereka akan belajar  tentang usaha batik selama lima hari. Diharapkan setelah mereka memiliki keahlian membuat batik dengan warna alami, akan bisa dikembangkan di desanya.

Sarwidi, di sela memberikan pelatihan megatakan, kelompok pengusaha kecil menengah dari Multi Gunung tersebut direkomendasikan belajar membatik di tempatnya, oleh salah seorang  mitra bisnisnya di Bali.

“Kami tidak hanya belajar membatik, melainkan sejak dari proses mendesain, membatik, pewarnaan, finishing, pengepakan, hingga cara pemasaranya. Sudah dua hari kelompok ini berada di Jarum. Kami memberikan pelatihan secara detail bagaimana cara membuat desain gambarnya, cara membatiknya, mewarnai dan juga proses pembuatan warna yang berasal dari bahan-bahan alami, sampai pada cara mengepak dan cara memasarkan,” kata Sarwidi. (Sit)

Sumber: http://www.krjogja.com

Check Also

REKA AGNI MAHARANI

Reka Agni Maharani (perempuan, 29 thn) lulusan Universitas Indonesia (UI), bersama sang suami Samsul Asinar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *